Deklarasi ASEAN Blogger

Peserta ASEAN Bloggers Conference (Foto : Wisnu Sakti Dewobroto)

Bertempat di Museum PASIFIKA Kawasan Nusa Dua Bali, tanggal 16 – 17 November lalu lebih dari 100 blogger dari beberapa komunitas Blogger di Indonesia dan juga perwakilan Blogger dari negara-negara ASEAN berkumpul dalam suatu event ASEAN Bloggers Conference. ASEAN Blogger Community (ABC) Chapter Indonesia sebagai penyelenggara adalah komunitas yang dibentuk berdasarkan Deklarasi di Jakarta 10 Mei 2011 oleh wakil-wakil komunitas blogger Indonesia.

Salah satu acara dalam Conference ini – disamping penyajian materi dari para Expert juga Sharing Blogsphere di seluruh negara ASEAN – adalah ASEAN Blogger Meeting. Dalam Forum Group Discussion ini kami dibagi dalam 3 kelompok besar (karena jumlah Group lebih dari 30 orang) 🙂 . Group A dipimpin oleh Ilham Syahputra Nasution, Group B oleh saya sendiri dan Group C oleh Herman Saksono. Awalnya kami diinformasikan mekanisme FGD ini kami selaku Ketua Kelas akan mendapatkan pengarahan dari Pak Hazairin Pohan sebelum mulai memimpin diskusi. Saat itu saya merasakan ada gambaran tentang jalannya FGD yang akan saya pimpin. Namun karena waktu yang mendesak, setelah MC Eka Situmorang mengundang kami para ketua kelas kedepan, saat itu juga dibacakan anggota-anggota Group dan harus ikut bersama kami ke tempat yang telah ditentukan oleh panitia.

Awalnya saya sempat bingung akan membawa diskusi ini seperti apa, karena memang tidak mengetahui gambaran akan dibawa kemana diskusi ini. Namun sedikit saya melihat pada catatan Points of Discussion yang diberikan Mbak Indah Juli ada tiga hal yang akan coba dibicarakan yaitu ASEAN Principles, ASEAN Bloggers Principles dan ASEAN Bloggers Actions. Dari tiga hal ini saya mencoba menyampaikan kepada peserta diskusi dan memohon masukan berupa ide-ide dari para Bloggers yang hadir. Dengan dibantu Tuteh (Blogger Ende yang juga teman seangkatan Petualang ACI 2010) yang menjadi Notulen, saat itu beberapa ide dari teman-teman Bloggers banyak disampaikan hingga membuat sang Notulen kelabakan mencatatnya apalagi yang roaming (meminjam istilah Tuteh) untuk ide dari peserta negara Asean lainnya

Peserta ASEAN Bloggers Conference (Foto: Wisnu Sakti Dewobroto)

Dari catatan yang ada, beberapa ide dari peserta diskusi Group B diantaranya adalah: try to advocate bloggers, Bloggers Exchange, Asean Blogging Competition, Mailing List for ASEAN Bloggers, Web Portal for ASEAN Bloggers, Plagiarism, Freedom of Expression, Local Content in our Blogging, One identity among ASEAN diversity, Online Ethics.  Diantara ide-ide diatas ada juga ide tentang keberadaan Blogger Indonesia harus menjadi pendukung utama masyarakat mandiri informasi, hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa sudah saatnya masyarakat memproduksi informasi, bukan hanya mengkonsumsi.

Karena diawal diskusi saya selaku pemimpin diskusi menyampaikan bahwa hasil dari FGD ini diharapkan kita dapat merumuskan beberapa hal yang akan diberikan untuk bahan ASEAN Blogger Declaration maka dari Group B juga memberikan hal-hal sebagai masukan poin-point deklarasi. Ada tiga point hasil dari Group B, yaitu :

  • Kami Blogger Asean Harus Menjadi Pendukung Utama Masyarakat Mandiri Informasi.
  • Kami Blogger Asean Menjunjung Tinggi Kebebasan Berekspresi.
  • Kami Blogger Asean Menjunjung Tinggi Kode Etik Online.

Setelah diskusi, masing-masing dari ketua kelas mempresentasikan hasil FGD dan dirumuskan sementara oleh Pak Hazairin Pohan yang juga sebagai moderator Sesi Presentasi tersebut. Setelah itu kami ketua kelas bersama Pak Hazairin Pohan dan Mas Iman Brotoseno membahas hasil diskusi yang telah dirumuskan menjadi Deklarasi ASEAN Blogger. Point-point Deklarasi setelah di-pleno-kan dan dipimpin oleh Herman Saksono adalah sebagai berikut (seperti yang di copy dari Blognya Mas Iman Brotoseno) :

1. We, the ASEAN bloggers, gathered in Bali, on 16th November 2011, aligned with the 19th ASEAN Summit, acknowledge the role and contributions of social media for the establishment of ASEAN Community 2015.

2. We, the ASEAN bloggers, aspire to seek the freedom of expressions among us as enshrined in Universal Declaration of Human Rights.

3. We, the ASEAN bloggers, in the spirit of partnership and solidarity among the family of people from ASEAN countries, independent of political influence, are determined to use social media in the development of ASEAN’s political, economic, and social-cultural potentials with the aim to promote understanding among ASEAN people.

4. We, the ASEAN bloggers, are determined to develop cooperation in all fields under ASEAN’s One Vision, One Identity, and One Community.

5. We, the ASEAN bloggers, are committed to ethical and positive demeanor, respectful of the rights of authors attached to articles, photos, and videos, and other creative products.

6. We, the ASEAN bloggers commit to:
a. Declare the 16th November as the ASEAN Bloggers’ Day.
b. Develop communication platforms, both at the national and the sub-regional levels, taking into account the interest of people participation in the rural areas of ASEAN countries.
c. Organize future activities to encourage closer contact among bloggers.
d. Mandate the Indonesian ASEAN Blogger Community President to coordinate and communicate to all their counterparts from ASEAN countries regarding development and progress achieved in accordance with the Declaration.

7. We, the ASEAN bloggers, encourage all bloggers to join our efforts in making this Declaration a reality.

Declared in Bali, 16th November 2011.

Sebagai catatan, sebelum Deklarasi diatas dibacakan oleh Kounila Keo, Blogger asal Kamboja pada acara puncak Asean Bloggers Conference, Draft Deklarasi telah diplenokan dihadapan peserta dengan dipimpin oleh Herman Saksono. Dinamika forum banyak berkembang disini, dari penambahan point deklarasi, perubahan bahkan sempat muncul ide untuk mengunakan South East Asian bukan ASEAN. Namun dari diskusi yang sangat alot antara peserta panel maka diputuskan ke 7 point diatas sebagai Deklarasi dari ASEAN Bloggers Declaration pada ASEAN Blogger Conference ini.

Deklarasi ini diharapkan bukan hanya berakhir pada lembaran kertas dan point-point tanpa aplikasi nyata, dibutuhkan komitmen dan tanggungjawab bagi kita semua untuk mewujudkannya. Mengutip pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato pembukaan Sidang ke-44 ASEAN Ministerial Meeting di Bali Juli 2011 lalu yang menyambut baik pembentukan ASEAN Blogger Community, diharapakan hal ini merupakan suatu langkah dan gagasan inovatif dan penting untuk mendorong proses terbentuknya Komunitas ASEAN 2015.

Bravo ASEAN Bloggers.

Advertisements

2 Comments (+add yours?)

  1. tuteh
    Nov 28, 2011 @ 05:56:33

    Wahaha emang roaming berat, bang waktu ituh 😛 sampe ada suara “nguing nguing” di kuping saya wkwkwkwkwk 😀
    Nice posting, bang dan kompliiitttt!!! 😀

    Reply

  2. venus
    Nov 28, 2011 @ 09:28:49

    lengkap ya laporannya ya? hihi… aku masih bingung sampe sekarang kalo ditanya orang, “deklarasi apa toh?” 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Archives

Just Click this


Yuk.Ngeblog.web.id
%d bloggers like this: