OLELE Gorontalo goes to DEMA Show, Florida USA

Taman Laut OLELE, Gorontalo (Foto: Chris Simanjuntak)

Pertengahan Oktober lalu tiba-tiba saya dihubungi oleh Catharina Latjuba (Ocha) yang saat itu akan ke Gorontalo. Niatnya ke Gorontalo adalah ingin membuat Video tentang Gorontalo baik under water maupun keadaan Gorontalo terutama profil provinsi ini. Malamnya saya ketemu di loby Hotel Quality dan disana ketemu juga dengan Farishad Latjuba dan Chris Simanjuntak, dan ternyata mereka adalah Tim untuk ‘project’ ini. Dalam pembicaraan yang berlangsung santai tapi serius ini, ternyata Ocha begitu saya biasa menyapanya, sedang merencanakan untuk membawa Gorontalo khususnya Potensi Wisata under water laut Gorontalo atau Wisata Bahari ke suatu exebisi internasional di Amerika yaitu DEMA Show. Sounds great, pikir saya saat itu, karena tentunya ini adalah peluang besar bagi Gorontalo untuk lebih dikenal dimata internasional khususnya potensi Wisata Bahari : Diving dan sejenisnya.

Dalam diskusi itu banyak hal yang menjadi topik pembicaraan, terutama potensi bawah laut yang kita miliki, kurangnya perhatian pemerintah yang berimbas pada belum tersedianya sarana yang memadai untuk menyambut turis-turis internasional bahkan lokal yang akan diving di Gorontalo. Namun melihat semangat dari Ocha dan rekan-rekan yang saya lihat saat itu tentunya hal ini bukan kendala yang berarti, satu demi satu kendala itu akan diatasi. Dan akhirnya malam itu hadir bersama dengan kami Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan beberapa Kadis Pariwisata Kabupaten di Gorontalo. Satu yang menjadi harapan yakni support pemda sedikit bisa disampaikan malam itu.

Catharina, Alessandra dan Chris di Booth Gorontalo, DEMA Show USA

Paviliun Indonesia

Akhir Oktober setelah proses editing dan persiapan untuk event DEMA SHOW ini selesai, maka rombongan yang terdiri dari Ocha sebagai Project Leader, Alessandra Usman (Putri Indonesia Pariwisata 2010), Chris Simanjuntak sebagai diving consultant dan Bunnie Usman sebagai tour operator yang sudah berpengalaman menangani pasar AmerikaSerikat berangkat ke Amerika. Kegiatan DEMA Show sendiri berlangsung di Orange County Convention Center, Orlando, Florida, USA dari tanggal 2 sampai 5 November 2011. Kegiatan ini diikuti oleh 627 perusahaan, dari 95 negara dari 5 benua. Para peserta terdiri dari diving gear manufacturers, tour and travel agents, diving operators and resorts, diving agencies, photography & videography gears, diving clubs, national tourism boards. Misi dari event tahunan ini adalah mempertemukan para pelaku industri scuba diving terutama manufacturer dengan retailer, dan dive operator/resorts dengan travel agents di seluruh dunia.

GORONTALO, Hidden Paradise

Indonesia di DEMA Show Florida, USA

Gorontalo dalam hal ini diwakili oleh Molecules, sebuah perusahaan swasta sebagai representative dari Pemda Gorontalo, khususnya di bidang pariwisata diving. Molecules adalah perusahaan yang memfokuskan kepada pariwisata, menangani destination marketing dan management organizer. Event ini merupakan keikutsertaan yang pertama kali oleh Gorontalo di event besar internasional, dimana dari Indonesia diikuti oleh 37 exhibitors, terutama dari Indonesia Tengah danTimur. Seluruh peserta pameran dari Indonesia ini disatukan dalam satu area besar dibawah Indonesia Pavilion atau Paviliun Indonesia.

Taman Laut OLELE, Gorontalo (Foto: Chris Simanjuntak)

Taman Laut OLELE, Gorontalo (Foto: Chris Simanjuntak)

Minat dari para pengunjung pameran ke booth Gorontalo cukup tinggi, mengingat ini kehadiran pertama provinsi ini dengan mengangkat scuba diving sebagai tujuan wisata. Banyak yang tertarik dengan ekslusivitas dari Gorontalo justru karena nama ini belum mendunia di kalangan pecinta scuba diving dan tour agents, sehingga menjadi suatu ketertarikan bagi mereka untuk menawarkan suatu produk daerah tujuan wisata baru kepada klien-klien mereka.

Taman Laut OLELE, Gorontalo (Foto: Chris Simanjuntak)

Taman Laut OLELE, Gorontalo (Foto: Chris Simanjuntak)

Taman Laut OLELE, Gorontalo (Foto: Chris Simanjuntak)

Namun hal ini bisa menjadi catatan tersendiri bagi Pemda Gorontalo sendiri dalam hal pembenahan fasilitas yang harus segera dilakukan, terutama pembangunan hotel maupun resort yang berkualitas seusai dengan standard tamu internasional, diving boat yang cukup besar, dan pengadaan fasilitas umum terutama di pesisir Olele seperti restaurant, shower  dan changing room untuk para wisatawan bahari nantinya.

Hal ini disesuaikan dengan potensi jumlah peminat pengunjung, diantara mereka kebanyakan mempertanyakan masalah fasilitas tersebut terutama transportasi dan akomodasi yang memadai sesuai standard atau pun melebihi standard tersebut. Alam yang bagus saja tidak cukup jika tidak diimbangi fasilitas dan dukungan masyarakat sekitar terhadap industri pariwisata diving ini. Dengan demikian diharapkan campur tangan pemda untuk menarik investor ketanah Gorontalo dalam waktu dekat, sehingga daerah ini bisa menerima para wisatawan asing maupun lokal, khususnya para penyelam ini.

Sudah saatnya Potensi di Olele, Gorontalo diperhatikan oleh Pemda sendiri. Saya jadi ingat pembicaraan dengan seorang Divers Gorontalo yang mengatakan, bahwa ‘tidak ada yang bisa kita perkenalkan di Gorontalo untuk mengangkat nama Gorontalo selain potensi laut Olele, sudah saatnya Pemerintah Daerah serius untuk mengelolanya dengan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung, kita sudah punya akses ke lokasi yang begitu bagus, penerbangan ke Gorontalo yang banyak, jadi sekarang saatnya pemda bisa serius mengelola ini‘. Yah, sudah saatnya pemerintah lebih serius memperkenalkan wisata bahari Olele dan para wisatawan bahari dunia datang ke Gorontalo.

Go Go Go Gorontalo….

Foto-foto di DEMA Show oleh Catharina Latjuba
Foto-foto Taman Laut OLELE oleh Chris Simanjuntak

Advertisements

4 Comments (+add yours?)

  1. inal01
    Nov 09, 2011 @ 12:12:07

    i Love GorontaLo .,

    Reply

  2. Walid Umar
    Nov 11, 2011 @ 13:10:01

    I Love Gorontalo…

    Nice Infonya…pak…:)

    saya izin share di Kaskus Regional Gorontalo ya pak…:)

    Reply

  3. honeylizious
    Nov 24, 2011 @ 08:31:39

    indahnya gorontalo, belum pernah ke sana

    salam kenal mas dari Pontianak

    😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Archives

Just Click this


Yuk.Ngeblog.web.id
%d bloggers like this: