18 Oktober, setahun kemarin

…..semestinya tulisan ini saya selesaikan dan posting tanggal 18 Oktober kemarin, namun karena kesibukan baru bisa selesai 1 Jam 25 menit setelah tanggal 18 Oktober berakhir… ๐Ÿ™‚

Hari ini 18 Oktober 2011, tepat setahun lalu, saya dan rekan saya Tuti Widiastuti memulai perjalanan Jalan-Jalan Gratis Keliling Indonesia dari Detik.Com. Banyak hal yang kami dapatkan selama perjalanan 14 Hari mengunjungi Nusa Tenggara Timur. Dari kami sempat ‘jadi raja & ratu’ di Suku Boti, mendatangi perbatasan RI-Timor Leste, sampai akhirnya kami dinobatkan sebagai Petualang Terajin. Namun buat tulisan di Blog saya kali ini, saya akan berbagi sisi lain dari perjalanan saya dan rekan saya itu, yang tidak sempat kami ceritakan di Jurnal Perjalanan Kami.

Messakh Tooy, Guide Kami

Waktu mendapatkan informasi bahwa kami akan mendapatkan Guide Lokal sebagai pendamping kami di NTT, kami berfikiran bahwa nantinya guide yang akan mendampingi kami adalah seseorang yang muda dan energik. Namun kami kaget begitu mendapati dalam identitas bahwa usia guide kami 60 tahun. OMG, tua banget, sanggup gak dia mendampingi kami dengan jadwal di itineraryย  yang padat selama 14 hari. Kami hanya diam saja saat itu dan menyerahkan ama keadaan setelah tiba di Kupang.

Beberapa teman petualang telah menghubungi masing-masing guide mereka untuk menumbuhkan chemistry diantaranya, namun saya dan Mbak Tuti belum menghubungi Pak Messakh. Kami baru menghubunginya saat kami transit di Ngurah Rai Bali. Saat itu kami mendaptkan informasi kalau dia sudah menunggu kami di Bandara El-Tari Kupang. Setelah lebih dari satu jam perjalanan dari Bali ke Pulau Timor, mendaratlah kami di Bandara El Tari Kupang. Setelah mengambil Bagasi kami segera keluar dan ternyata kami mendapati Bapak Tua yang memegang kertas bertuliskan ‘Selamat Datang di NTT Tuti Widiastuti & Agus Lahinta ACI-Detik.Com‘. Wow kami merasa bak tamu agung yang disambut seperti itu.

Inilah Bapak Messakh Tooy, Guide kami selama di NTT

Selamat Datang dari Bapak Messakh Tooy di El Tari Kupang

Kesan pertama dari Bapak Messakh Tooy, adalah orang yang sangat familiar, banyak tahu dan komunikatif. Ternyata dia juga adalah senior tour guide yang ada di Kupang (dari informasi yang kami dapatkan). Saking seniornya banyak para wartawan yang kenal denganya, bahkan saat hari terakhir kami di Kupang, dia mengundang seagian besar wartawan di Kota Kupang untuk Konfrensi Pers tentang kegiatan kami selama di sana. Ahhh Pak Messakh, kapan lagi bisa mendengarkan cerita kamu tentang Bumi Flobamora… ๐Ÿ™‚

dari Koper ke Ransel (backpacker)

Traveling atau jalan-jalan beberapa tahun terakhir memang hobi yang saya sering lakukan. Namun hampir sebagian besar traveling yang saya lakukan adalah dengan mengunakan koper. Belum pernah sekalipun saya jalan-jalan dengan mengunakan Ransel. Setelah terpilih jadi salah satu Petualang ACI, kewajiban untuk backpacker yang telah ditentukan oleh panitia, awalnya sempat membuat saya ragu ‘apakah saya bisa menjalananya?’. Melihat itinerary Petualang juga sempat memunculkan ragu.

Namun rasa penasaran dan gembira karena telah terpilih sebagai Petualang membuat saya untuk menguatkan hati, apalagi ternyata partner jalan saya (Tuti Widiastuti) seorang backpacker sejati (ya kan Partner?). Dari dia dan beberapa komunikasi yang kita lakukan seolah menguatkan saya untuk mampu. Dan alhamdulillah saya bisa melakukan hal itu selama hampir 14 hari dengan backpacked pakaian dan lain-lain dibagian belakang dan ransel kecil dibagian depan berisi laptop, kamera dan lain-lain.

di Homestay Suku Boti dengan Backpacked

Ransel depan belakang, dari Pulau Rote kembali ke Kupang

Seiring berjalannya waktu, saya menyadari kenapa panitia meminta kami mengunakan backpacked bukan koper. Karena medan yang kami tempuh tidak memungkinkan kami menarik-narik koper, tapi membutuhkan kegesitan karena kami harus berpindah dari mobil ke kapal, dari kapal ke perahu dan harus jalan juga. Akhirnya semuanya menjadi biasa bagi saya yang awalnya ragu.

Membiasakan untuk Tidak Mandi…

Kalau untuk tidak mandi sehari saja, barangkali saya masih sanggup untuk itu, namun kalau saya harus tidak mandi hampir 4 hari lamanya, bagi saya itu suatu ‘prestasi’. Hehehe. Hal ini terjadi saat hari-hari terakhir kami di Petualangan. 4 hari terakhir kami berada di Pulau Alor dan tepatnya kami menginap di L’Petit Kepa, sebuah resort yang terdapat di Pulau Kepa. Alasan kami (saya dan partner saya) tidak mandi sangat beralasan, hal ini karena air tawar yang ada di resort sangatlah terbatas, kalaulah ada paling hanya cukup untuk cuci muka dan sikat gigi saja. Kalau kami gunakan untuk mandi, maka gak cukup. Jadinya entah siapa yang memulai untuk menghemat air tawar, namun pada kenyataannya saya tidak mengunakan untuk mandi yang artinya saya tidak mandi, dan juga ternyata partner saya juga berfikiran serupa.

Menghitam : I Like it

Resort kami di L'Petit Kepa Pulau Alor

Setelah hari terakhir kami bertolak dari Pulau Alor kembali ke Kupang, disitu saya merasakan bahwa bau badan saya sudah sangat ‘tidaklah bersahabat’, bahkan saya sendiri tidak mampu untuk itu. ๐Ÿ™‚ Dalam pikiran saya, toh di Bandara Mali (Bandara di Pulau Alor) gak ada yang saya kenal, kecuali Partner saya dan juga Guide kami (yang gak mandi pula), jadi cuek aja, itu pikiran saya saat itu. Dan akhirnya setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Alor ke Kupang, tibalah kami di Kota Kupang.ย  Karena hari terakhir, maka kami sepakat kami memilih hotel yang paling bagus di Kupang dan disitulah kami puas-puasing mandi. Saya sendiri setiba di hotel langsung mandi dengan sabunan sebanyak 3 kali, benar-benar ‘balas dendam‘ ๐Ÿ™‚

Itulah tiga bagian cerita yang ‘tercecer’ dari perjalanan 14 hari kami bertualang di Pulau Rote, Pulau Timor dan Pulau Alor. Terimakasih buat ACI Detik.Com dan juga buat my best Partner ever : Tuti Widiastuti ๐Ÿ™‚

2 Comments (+add yours?)

  1. Hardiyanto
    Oct 19, 2011 @ 05:45:35

    wow…mantap ๐Ÿ™‚

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Archives

Just Click this


Yuk.Ngeblog.web.id
%d bloggers like this: