Blogilicious Fun Makassar (Catatan mengikuti RoadBlog 2011 IDBlogNetwork di Makassar)

Blogilicious, Roadblog 2011 Makassar

Adalah teman saya Suwito Pomalingo yang menginformasikan bahwa di Makassar bakal ada kegiatan Roadblog yang akan diadakan oleh IdBlogNetwork, tanpa berfikir panjang saya niatkan untuk ikut kegiatan tersebut. Bukan apa sih, disamping yang bakal hadir sebagai pembicara salah satu teman saya Amril Taufik Gobel, saya juga berkesempatan bertemu dengan banyak para punggawa-punggawa Blogger Indonesia. Maka jadilah pagi itu saya bersama teman saya menuju ke Gedung PKP Universitas Hasanuddin, tempat kegiatan tersebut dilaksanakan.

Jam 9.10 kami tiba ditempat kegiatan, awalnya agak-agak gak enak juga sih karena infonya kegiatan bakal dimulai pukul 09.00, tapi ternyata begitu nyampe acara belum dimulai. Thanks God, jadinya bisa ikut kegiatan dari awal. Memasuki Aula Gedung PKP sudah nampak beberapa peserta yang hadir. Kegiatan yang disponsori langsung oleh IDBlogNetwork ini berupa Seminar dan Semi Workshop yang diberi nama Blogilicious [Blogging has never tasted this good]. Kegiatan berisi pemaparan dari para Blogger mengenai Blogging Ethics, SEO & Social Media, Blog Monetizing, Blog Security, Mobile Blogging.

Tari Paduppa membuka acara Roadblog 2011

Acara dimulai tepat pukul 9.30 berupa penampilan Tari Paduppa, tari penyambutan di Sulawesi Selatan. Setelah itu hadir Pra Acara berupa Prakata dari Mubarika Darmayanti dari IDBlogNetwork berupa kegiatan RoadBlog ini. Acara inti selanjutnya dimulai dengan menghadirkan dua pembicara pertama yaitu Amril Taufik Gobel (http://www.daengbattala.com) yang berbagi pengalamannya tentang Cara Ngeblog dan Etikanya. Banyak share cerita menarik dihadirkan oleh Bang Amril, dari pengalaman ngeBlognya sejak tahun 2004, bisa menerbitkan buku dari catatan blognya, bisa jalan-jalan ke Luar Negeri Gratis dari ngeblog, bisa menampatkan pendapatan tambahan yang berlebih dari aktifitas ngeblog. Hal ini dilakukan ditengah kesibukan kesehariannya sebagai seorang manager. Salah satu yang disampaikan adalah beberapa Tips untuk memulai ngeblog yaitu : mulailah dari bawah (start small), tulislah topik yang kita senangi, risetlah terlebih dahulu dan sering lakukan evaluasi terhadap tulisan dan blog kita.

Pembicara kedua yaitu Raden Ajeng NP (http://muslimah.web.id). Diawal penyajiannya Mbak Ajeng (@ajengkol) menyampaikan bahwa ngeblog itu harus memperhatikan 4 M yaitu Mengupdate Blog, Mengunjungi Blog (Blog Walking), Meninggalkan Komentar (Promosi kita dan Blog kita) dan Menghasilkan Uang. Selanjutnya Mbak Ajeng yang (katanya) mempunyai pekerjaan sampingan Dosen di FKUI ini membagi pengalamannya tentang ngeblog. ‘Kekuatan utama dari ngeblog yaitu bagaimana mengungkapkan apapun sebebas-bebasnya namun tetap memperhatikan etika’, demikian disampaikan. Diskusi banyak mengalir di dua pembicara pertama ini.

Amril Taufik Gobel (Daeng Battala) sedang Membawakan Materi

Irayani Queencyputri membawakan materi Social Media

Pembicara ketiga yang hadir adalah Setyo Budianto (http://setyobudianto.com), seorang Blogger dan Praktisi Telekomunikasi dari Surabaya. Materi ketiga ini berbicara tentang Mobile Blogging, dimana ngeblog bisa dilaksanakan dimana saja dengan gadget mobile communication yang kita miliki. Menurut Setyo Budianto Keypoint dari Mobile Blogging adalah tersedianya Mobile Phone, Internet Access, Application dan Content. Mobile Blogging sangatlah menyenangkan karena prinsipnya sangat Simple dan Easy (dapat dilakukan via Mobile Phone, Internet Access dan E-mail), juga Content Update (Real Time, Anytime dan anywhere).

Setelah Break siang presentasi dilanjutkan dengan presentasi dari salah satu sponsor Berniaga dot com. Dan acara kemudian berlanjut dengan pembicara keempat Irayani Queencyputri (http://i-rara.com). Rara -demikian dokter gigi yang ngeblog ini disapa- menyajikan materi tentang Social Media yang saat ini sudah menjadi bagian dari masyarakat kita. ‘Gunakan Blog sebagai inti yang ingin kita sampaikan dan gunakan Social Media (Social Network) sarana untuk mempublikasikan apa yang telah kita tulis di blog kita’ demikian presentasi dari salah satu pendiri komunitas blog Makassar -AnggingMamiri-.

Pembicara selanjutnya adalah Bapak Aris Heru Utomo dari Kementrian Luar Negeri yang berbicara tentang Komunitas Blogger Asean. Komunitas yang telah dideklarasikan tanggal 10 Mei 2011 lalu ini dideklarasikan oleh Dirjen Kerjasama Asean Djauhari Oratmangun, Aris Heru Utomo, Mubarikah Damayanti, Amril Taufik Gobel, raden Ajeng, Edo Eshape dan beberapa blogger lainnya.
Diharapkan Komunitas Blogger Asean ini dapat memperkuat integrasi di kawasan Asean, dapat memberikan masukan untuk berbagai kebijakan. Dan kedepannya nanti Asean bukan lagi dipandang sebagai kerjasama antar Diplomat saja namun juga masyarakat Asean secara umum dan juga para bloggernya.

Blogenterpreneur oleh Asri Tadda

Pembicara terakhir dihari pertama ini menghadirkan Asri Tadda, Blogger yang juga Direktur Utama AstaMedia Group dan juga tahun 2008 terpilih sebagai Juara II Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa pad Lomba Wirausaha Muda Mandiri kategori Industri Kreatif.
Penyajian materi dari pemilik blog (http://www.asritadda.com) ini membagi pengalamannya tentang Blogenterpreneur, dimana bagaimana seorang Blogger bisa mendapatkan uang dari kegiatan ngeblognya. Dibagian lain juga Asri juga meberikan pengambaran mengenai Bisnis Konvensional dan Bisnis Blogging, dimana pada bisnis konvensional Profits didapatkan dari Produk yang di Marketing-kan, sedangakan dalam bisnis blogging Profits didapatkan dari Konten (blog kita) dan juga Traffic serta iklan yang ada. Sehingga istilah Make Money Blogging bisa kita dapatkan dalam aktifitas ngeblok kita. 4 hal yang bisa menarik orang untuk mampir ke blog kita diantaranya adalah (i) Mengunakan kontek unik dan orisinil, (ii) pasang iklan disitus lain, (iii) Search Engine Optimalization, (iv) Promosi melalui Social Media.

Bersama Amril Taufik Gobel, Mubarika Darmayanti dan Suwito

6 pembicara yang hadir di hari pertama ini mampu ‘menghipnotis’ peserta yang hingga berakhirnya acara pada pukul 17.00 masih tetap antusias hadir. Acara Roadblog ini akan berlanjut pada hari kedua dengan pembicara yang tak kalah menariknya.

Hari kedua, Minggu 22 Mei 2011 kegiatan tetap dihadiri oleh peserta yang sama. Pembicara di hari kedua ini juga tidak kalah menariknya. Panduan memilih thema yang disajikan oleh Mustamar Natsir (www.mustamar.com) mengawali kegiatan hari kedua ini. Beragam hal disampaikan pada materi ini, dari thema yang disajikan gratis, berbayar maupun dikreasi sendiri.

Pembicara selanjutnya adalah Kukuh TW (@kukuhtw) Chief Technical Officer dari IDBlogNetwork. Kukuh TW ini menyajikan materi tentang Blog Monetizing. Dalam pemaparannya Kukuh menyampaikan bahwa Monetizing adalah merubah sesuatu menajdi uang (money). Dengan aktifitas ngeblog, kita dapat menghasilkan uang dari kegiatan itu. Ngeblog dan menjadi member IDBlogNetwork ternyata syaratnya sangat mudah, hanya kita punya Blog pribadi dan punya rekening. Untuk itu tujuan dari ngeBlog bukan hanya mendapatkan uang saja namun bagaimana blog bisa kita jadikan hoby yang bisa ditekuni untuk  menghasilkan uang. Menarik bukan?

Pembicara selanjutnya adalah Gempur Abdul Gafur (www.aghofur.com) yang menyampaikan materi tentang Search Engine Optimation atau SEO. Aldy Terren Putra (@terrenjr) menjadi pembicara selanjutnya yang menyajikan materi Blog Security. Beberapa teknik penyerangan sebuah website (blog) adalah melalui  SQL Injection, Cross Slide Scripting, Load File Inclusion, Remote File Inclusion, Denial of Service Attack.

Acara hari kedua ini diakhiri dengan pemaparan dari Mubarika Darmayanti (Business Director) IDBlogNetwork tentang Job Review yang terpilih 4 orang, dua dari member IBN dan satu dari non member. Dan seperti kegiatan roadblog di kota lainnya, di Makassar ini juga diadakan kompetisi menulis Blog tentang kegiatan Roadblog Blogilicious Fun Makassar ini.

Ohya, acara di Makassar ini adalah Kota kedua dari Rangkaian RoadBlog 2011 IDBlokNetwork, setelah sebelumnya di Surabaya dan akan dilanjutkan dengan kota Medan, Palembang, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. So, Blogging has never tasted this Good, Blogiliciouuuuuuusss…

Advertisements

5 Comments (+add yours?)

  1. amriltg
    May 21, 2011 @ 23:00:39

    Mantap reportasenya Bung Agus, Thanks ya. Sampai ketemu lagi di hari kedua

    Reply

  2. tt
    May 21, 2011 @ 23:16:54

    Reply

  3. Blogger Sragen
    May 22, 2011 @ 04:12:31

    Asij kayaknya… nunggu yang di jogja saja 😀

    Reply

  4. Trackback: Selamat Hari Blogger Nasional « Agus Lahinta's Page

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Archives

Just Click this


Yuk.Ngeblog.web.id
%d bloggers like this: