Mengujungi Pulau Saronde di Gorontalo Utara

Mengunjungi Pulau Saronde yang terletak di bagian utara Gorontalo sebenarnya dah saya rencanakan jauh-jauh hari, setelah mengikuti perjalanan ACI. Pengalaman menyusuri pulau-pulau di kawasan Pulau Timor, Pulau Alor dan Pulau Rote membuat saya merasa kurang karena ternyata di tempat saya (Gorontalo) sendiri, saya belum menjelajahi.

Kepenatan kegiatan yang terlampau banyak membuat saya memutuskan bersama teman-teman untuk segera berkunjung ke Pulau Saronde. Akhirnya waktu yang tepat setelah (dipaksakan) datang juga. Hari Minggu, 13 Februari kami pilih untuk berkunjung ke Pulau Saronde setelah sering terjadi penundaan karena masalah cuaca. Namun ternyata hari minggu itu cuaca Gorontalo sangat tidak bersahabat. Mendung telah menyapa Gorontalo setelah Subuh. Langit yang kami harapkan cerah ternyata ditutupi awan hitam pertanda hujan akan mengguyur Gorontalo. Informasi yang kami dapatkan dari Kwandang (tempat dimana kami akan bertolak menuju Pulau Saronde) sedang diguyur hujan lebat.

Kami sempat berdiskusi untuk membatalkan atau tidak perjalanan ini. Namun karena kebulatan tekad dan keinginan untuk pergi ke Pulau Saronde begitu besar, maka kami memberanikan diri untuk pergi. Hal ini kami lakukan dengan keputusan, apabila Tukang Perahu mengatakan bahwa cuaca (dalam hal ini Ombak) tidak bersahabat maka kami akan mengikuti untuk tidak jadi menuju Pulau Saronde).

Perjalanan ke Kwandang, Gorontalo Utara kami tempuh 1,5 jam dari Kota Gorontalo, sepanjang perjalanan hujan telah menguyur dengan derasnya dan kami masih diliputi perasaan harap-harap cemas dan harapan cuaca akan bersahabat setelah kami tiba di Kwandang. Namun setelah tiba di dermaga, cuaca masih tidak bersahabat. Hujan masih ada namun frekuensinya sudah berkurang menyisakan gerimis. Setelah berdiskusi dengan Tukang Perahu kami akhirnya memutuskan untuk tetap ke Pulau Saronde. Ohya, perahu yang kami gunakan adalah berkapasitas 9 orang dengan pemilik perahu, dan kami membayar Rp. 160.000,- untuk pergi pulang dari dermaga menuju Pulau Saronde.

15 menit perjalanan cuaca masih sangat bersahabat, suasana laut nampak tenang dan kami masih dapat berfoto dan berbicara, namun setelah itu tiba-tiba suasana laut begitu menegangkan, ombak yang tiba-tiba datang dan besar menghempas dinding perahu kami. Suasana sepi menyelimuti, tak ada yang berbicara selain diam dan harap-harap cemas. Suasana perasaan saya apalagi, takut dan cemas mulai menghampiri. Setelah hampir 30 menit kami melawan ombak akhirnya kami mulai medekat ke Pulau, 15 menit kemudian kami tiba di Pulau Saronde dengan suasana ombak yang bersahabat.

Setelah tiba di Pulau Saronde, kami segera bersiap untuk mandi. Pulau yang pasirnya sangat lembut dengan air pantainya yang bening. Batas dari bibir pantai hingga 50 meter kedalamannya maksimal 150 sentimeter dan kami bisa berenang dan snorkling. Setelah puas berenang, kami beristrahat untuk makan siang yang telah kami siapkan dan kami melanjutkan untuk mengelilingi Pulau Saronde.

Pulau Saronde merupakan gugusan kepulauan dari Pulau Ponelo, Kecamatan Kwandang yang berjarak 12 mil dari dermaga pelabuhan Kwandang. Dan merupakan gugusan kepulauan kecil yang banyak. Nampak didekat Pulau Saronde kita akan melihat beberapa gugusan kepulauan. Satu pulau yang banyak dikunjungi juga adalah Pulau Lampu yang berjarak 45 menit dari Pulau Saronde.

Di Pulau Saronde terdapat beberapa Cottage yang disewakan Rp. 150.000,- per malam, dan kita bisa menikmati sunset dan sunrise di Pulau ini. Kebutuhan air tawar dapat dijumpi di Pulau ini karena tersedianya sumber air tawar dari sumur yang terletak di Pulau Saronde. Namun saat ini keindahan dari Pulau ini harus mendapat perhatian dari pemerintah setempat khususnya perawatan, karena beberapa bekas kayu dan pohon banyak kita jumpai di pingir pantai dan ini sangat menganggu keindahan dari Pantai yang ada di Pulau ini.

Namun jika kita hanya menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkling dan bermain di pantai, maka disini juga tersedia beberapa Gazebo yang dapat kita gunakan.